Kamis, 21 Januari 2010

Tinta Pejalan


Saya sengaja membuat blog ini. Khusus untuk menampung catatan perjalanan saya. Yeah, saya memang gandrung jalan-jalan. Meski terkadang, harus menunggu momen tertentu untuk melakukan itu. Sebab, saya juga pecinta ruangan. Apalagi jika telah dibekuk oleh tumpukan buku-buku. Maka, saya pun tertawan, duduk, atau tiduran. Namun, itu juga ampuh membuat semangat saya untuk berjalan-jalan. Mencari angin segar, mencari hingar-bingar, mencari pemandangan yang berbeda, mengusir kebosanan, juga menangkap inspirasi yang berkeliaran.

Memang, tidak semua catatan dalam blog ini akan memuat perjalanan saya yang istimewa. Istimewa dalam artian, perjalanan dengan menggunakan pesawat atau transportasi kelas eksekutif. Namun, saya mencoba menangkap renik-renik, meski itu sekadar berjalan kaki. Mungkin berjalan kaki dari kontrakan ke kampus, berjalan kaki dari kampus ke stasiun, atau berjalan kaki masuk gang keluar gang.

Sebab, perjalanan adalah proses, bukan tujuan...

Nah, dalam proses itu, saya yakin akan banyak hal menarik yang bisa saya dapatkan. Mungkin sehelai inspirasi yang tiba-tiba melayang tatkala saya memandangi titik air yang jatuh dari pinggiran atap rumah penduduk. Mungkin pula sentilan peristiwa masa lalu yang bisa menguatkan saya dalam menghadapi masalah saya saat ini. Atau saya bisa bernostalgia saat melihat anak-anak kecil bermain riang sepanjang gang. Saya anggap itu anugerah. Pemberian yang tak ternilai. Mungkin terlihat sepele, namun saya akan mencoba terus menggalinya lebih dalam lagi. Bukankah, seringkali hal sepele itu jika disepelekan, justru akan menjerumuskan? Nah, sebelum terjerumus, tidak ada salahnya untuk mengikat maknanya dan menggunakannya untuk membebaskan kita dari beragam belenggu?

Saya juga percaya pada adagium 'verba volent scripta manent', bahwa tulisan itu akan lebih mengabadi daripada sekadar ucapan lewat mulut. Tulisan juga harta karun yang dengan pasti bisa saya wariskan pada anak cucu saya. Saya tak bisa menjamin harta kekayaan yang melimpah ruah. Sebaliknya, saya memiliki harta berupa tulisan yang bisa saja digali untuk mendapatkan materi.

Saya, kembali memulai perjalanan khusus itu melalui blog 'walkpacking ink' ini.

Selamat menikmati.


*gambar dipungut dari http://fineartamerica.com*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar